Saturday, June 10, 2017

Skulduggery Pleasant: Resurrection by Derek Landy





Judul                  : Skluduggery Pleasant: Resurrection
Seri                    : Skulduggery Pleasant # 10
Pengarang         : Derek Landy
Penerbit             : Harper Collins Children’s Books
Tahun                 : 2017
ISBN/ASIN       : B01N2QB7K8
Halaman            : 432
Rating                        : 4 of 5 stars




The skeleton detective is coming back to life… again! It’s the tenth, triumphant novel in the Skulduggery Pleasant series, and it will rearrange your world.

Skulduggery and Valkyrie are back in the tenth instalment in the bestselling Skulduggery Pleasant series – an incredible and unexpected treat for the legions of fans around the world.

We can’t say much but we can say this: Skulduggery and Valkyrie are going to team up with beloved characters from the first 9 books as well as an all-new cast, including new teen co-star Omen Darkly, for an adventure that takes the story to truly global proportions… while answering questions that go right back to the beginning.

And Derek says this: “I was halfway through Last Stand of Dead Men, I think, when I realised that I had more stories to tell. I told myself that if Skulduggery and Valkyrie survived the series, I would leave the option open of returning to their world. There were still secrets I need to reveal, after all, and there were still horrors they had to face. They survived the first series. But they’re really going to wish they hadn’t.”



Skulduggery Pleasant: Ressurection merupakan buku kesepuluh dari seri Skulduggery Pleasant. Skulduggery Pleasant merupakan seorang detektif yang memiliki sosok tengkorak dan memiliki seorang partner bernama Valkyrie Cain. Untuk mengetahui awal pertemuan mereka silakan baca review saya: Skulduggery Pleasant

Buku ini bersetting sekitar empat tahun setelah pertempuran besar melawan Darquesse. Di akhir buku ke sembilan, Valkyrie Cain merasa bersalah atas kematian ribuan orang di Roarhaven dan memutuskan hijrah ke Amerika. Ia ingin menjauh dari semua hal yang berhubungan dengan dunia sihir. Tapi memang takdirnya untuk terhubung dengan sihir, ketika kembali ke Irlandia Sluduggery menghubunginya dan meminta Valkyrie memberinya waktu 24 jam untuk mengubah pikiran gadis itu agar mau kembali menjadi partnernya.

Tetapi Valkyrie yang sekarang hanyalah bayang-bayang dari Valkyrie yang lama., Pendiam,  tidak legi memiliki kepercayaan tinggi sepertu dulu. Apapun yang dilakukan Skulduggery untuk menarik minat Valkiyrie agar kembali terjun ke dunia detektif sepertinya selalu gagal. Sampai suatu ketika Skuldugeery Pleasant dipengaruhi jiwanya dengan kejahatan. Detektif tengkorak tersebut berpindah sisi. Dan tujuan barunya adalah membunuh Valkyrie Cain!


Rasaya senang sekali saat saya mengetahui kalau seri Skulduggery Pleasant ini akan dilanjutkan.  Petualangan Skulduggery dan Valkyrie emang bikin ketagihan. Apalagi saya tidak terlalu berminat dengan seri Demon Road yang diterbitkan sebagai pengganti seri ini. Buku awalnya oke sih. Tapi buku kedua agak kurang menarik, apalagi ditambah dengan tokoh utama yang ternyata jeruk makan jeruk. Jadi makin menipis hasrat untuk membaca lanjutan seri tersebut :(

Di buku ini kita akan menmukan Valkyrie Cain yng berbeda dari sembilan buku yg sebelumnya. Tidak lagi sombong, dan angkuh. Juga tidak lagi cerewet dan berlidah tajam. Ia sudah lebih dewasa, 24 tahun, dan trauma dari pertempuran melawan Darquesse masih membayanginya. Ia masih belum bisa menemui keluarganya, karena melakukan pembunuhan terhadap adiknnya, Alice. Juga ia tidak sanggup menghadapi orang-orang di Roarhaven yang setiap kali menatapnya pasti akan selalu teringat kepada Darquesse. Selain itu, ternyata Darquesse masih membayang-bayangi Valkyrie.

Skulduggery berusaha menarik minat Valkyrie dengan mangajaknya menyelidiki hilangnya salah seorang teman mereka, Temper Fray. Temper disusupkan ke sebuah organisasi yang ingin menghancurkam manusia biasa dan menjadikan kaum penyihir sebagai penguasa. Dan uniknya organinsasi ini tidak merekrut penyihir yang telah terdidik dari kecil, tetapi mereka mengambil anggota-anggota penyihir yang belajar sihir secara mandiri, disebut sebagai Neoteric. Organisasi ini juga merekrut anak-anak sekolah untuk menjadi pasukan mereka.

Demi menyelidiki perekrutan dalam sekolah ini, Skulduggery dan Valkyrie meminta pertolongan dari Omen Darkly, anak berumur 14 tahun yang bersal dari keluarga Darkly yang terkenal. Sebelum Omen lahir, orangtuanya mendapatkan ramalan bahwa putra pertama mereka akan bertempur mengalahkan Raja Darkland yang akan menghancurkan dunia. Sayangnya, Omen bukanlah anak yang disebutkan dalam ramalan tersebut, karena ramalan itu jatuh kepada saudaranya Auger yang lahir 15 menit lebih dulu daripada Omen. Auger kemudian dikenal dengan julukan The Chosen One.

Selama hidupnya Omen tinggal dalam bayang-bayang Auger. Keluarganya fokus dalam mempersiapkan Auger untuk menghdapi Raja Darkland seehingga Owen hanya mendapatkan sisa-sisa perhatian orangtuanya. Itupun juga kalau mereka ingat kepada Omen.

Tidak terbayangkan  rasa senangnya saat Skulduggery meminta bantuannya dalam menyelidiki kasus terbaru mereka.

He was one of them. He was part of it all. He was part of the group. The gang. The team. He wasn’t ueless or pointless. He wasn’t a waste of space or a waste of skin or a waste of perfectly good air. He may have been the Chosen One’s brother, but he wasn’t the Chosen One’s Brother. Not any more.

Ada dua kasus yang sepertinya tidak berhubungan dalam cerita kali ini. Yang pertema aadalah kebangkitan Abyssinia, Puteri Darkland, dan kedua adalah misi para pemuja Darquesse  yang  ingin agar dewi mereka itu kembali. Bagaimana kedua kasus ini akan disatukan nantinya, biar kita tunggu saja buku selanjutnya.

Kalau berdasarkan pola sebelumnya, seri Skulduggery Pleasant ini terbit satu buku setiap tahun. Yah, marilah kita tunggu dua belas bulan lagi untuk bisa bertemu Skulduggery Pleasant dan partnernya Valkyrie Cain. :(


Berikut review saya untuk seri ini:


















No comments:

Post a Comment